Anang Filya: Tips Cari Magang yang Lebih Gampang #TIPSAEDAH

Minggu, 27 Agustus 2017

Tips Cari Magang yang Lebih Gampang #TIPSAEDAH

Sumber: Freepik

Rasa-rasanya sudah lama sekali saya tidak menulis di blog ini. Maklum, saya sedang jadi orang sibuk baru hehe. Alhamdulillah, saya sekarang sedang menjalani masa magang atau bahasa kerennya internship program di Dentsu Impact, salah satu anak perusahaan agensi iklan Dentsu Aegis Network, yang bisa dibilang salah satu perusahaan iklan terbesar di Indonesia. Ih, saya jadi bangga hehe.

Tapi kali ini, saya belum akan membahas pengalaman magang saya, namun lebih kepada berbagi “bagaimana proses untuk mendapatkan magang, tapi tidak ada kenalan orang dalam” yang semoga saja bisa membantu teman-teman. Penasaran? Ini dia tipsnya.

Studentjob.co.id


Pasti banyak dari teman-teman yang sudah tahu akan website penyedia informasi pekerjaan ini. Teman-teman hanya perlu klik menubar “Magang” di halaman utama web studentjob.co.id, maka akan terpampang daftar lowongan-lowongan magang yang berasal dari startup dan juga perusahaan-perusahaan besar. Dan cara mendaftarnya, tinggal klik “apply”, unggah CV, dan berdoalah untuk segera dihubungi perusahaan yang kamu tuju.

Kunjungi Website Perusahaannya

Tampilan laman tokopedia.com/career

Apabila kamu membidik perusahaan besar semacam Unilever dan beberapa startup seperti Tokopedia dan Bukalapak, kebanyakan dari mereka menyediakan berbagai informasi seperti intership vacancy melalui website perusahaan. Contohnya Tokopedia, apabila kamu mau magang disalah satu online marketplace terbesar di Indonesia ini, cukup buka http://www.tokopedia.com/career maka akan muncul berbagai lowongan diberbagai bidang pekerjaan, baik untuk program internship maupun recruitment.


“Terus, kalo diwebsitenya ngga tersedia laman khusus informasi pekerjaan dan juga nggak nyebarin ke website-website semacam Studentjob?


Disetiap website perusahaan, pasti ada laman “Contact Us” yang mencantumkan berbagai kontak yang dapat dihubungi oleh publik. Nah, tinggal tanyakan saja melalui kontak e-mail atau telepon yang tersedia, apakah ada lowongan magang. Mudah bukan?

LinkedIn

Sumber: Freepik

Situs jejaring sosial yang berorientasi bisnis ini bisa jadi media yang ampuh bagi teman-teman yang sedang mencari tempat magang. Saya pribadi menggunakan LinkedIn untuk mendapatkan kontak “orang-orang dalam”.

Caranya?”

Saya akan membagikan pengalaman saya dengan jejaring sosial milik Microsoft ini. Yang pertama setelah membuat akun LinkedIn, saya langsung “Connect” atau bahasa sederhananya Follow orang-orang yang berprofesi copywriter, sesuai dengan profesi yang saya inginkan. Atau jika ingin membidik perusahaannya, cukup cari nama perusahaan, maka akan muncul daftar pekerja di perusahaan tersebut. Setelah dikonfirmasi, kita bisa mengirim pesan baik melalui fitur chat yang tersedia, maupun kontak pribadi semacam e-mail atau nomor telepon, tentang lowongan magang. Dan cara ini terbukti ampuh, bagi kamu yang tidak punya kenalan “orang-orang dalam”. Dan alhamdulillah-nya, saya menghubungi seorang creative director yang sangat baik, tidak lama saya mengirim pesan, ia langsung memberikan respon agar saya segera mengirim CV dan portfolio ke e-mailnya. Sungguh beruntungnya saya hehe.

Sosmed: Facebook, Twitter, Instagram

Grup Facebook Ahensi Ex Ahensi

Ada beberapa akun sosial media yang dengan baik hatinya membagikan berbagai lowongan pekerjaan, baik magang, part time, maupun recruitment secara gratis. Salah satu contohnya adalah akun Twitter: @KampusUpdate yang menyediakan update lowongan pekerjaan secara berkala. Semoga admin-admin dibelakang akun-akun semacam Kampus Update diberi kelapangan rejeki dan balasan pahala yang besar ya, hehe.

Dan apabila teman-teman adalah mahasiswa ilmu komunikasi atau desain komunikasi visual, tidak ada salahnya untuk mencoba bergabung disalah satu grup Facebook yang berisi praktisi-praktisi iklan, Ahensi Ex Ahensi. Grup Facebook yang beranggotakan lebih dari 36 ribu manusia-manusia keren tersebut seringkali menyediakan informasi lowongan pekerjaan yang bersumber langsung dari “orang-orang dalam”, keren bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

My Instagram

Anang Filya © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.