Anang Filya : Every Little Thing That Precious #Portfolio 1.0

Sunday, April 22, 2018

Every Little Thing That Precious #Portfolio 1.0



Ngomongin hal yang klise, hidup ini memang sering kali ada naik turunnya. Kadang enak, kadang susah; kadang juga enak dan susah gabung jadi satu. Rasa-rasanya semua hal ini tuh kayak sistem sirkuler di mana kita bisa balik ke satu titik yang sebenernya kita nggak pengin, dan nanti akan melalui titik di mana bisa bikin kita seneng lagi. Untungnya, kita diajarin untuk bersyukur sama apa aja yang kita dapet. Mau senang atau susahnya, Tuhan udah atur yang terbaiklah.

Dan di posting blog yang berbau-bau portfolio yang membangga-banggakan diri ini, saya pengin berbagi hal-hal yang akan selalu saya syukuri bisa saya alami di kehidupan saya yang rasa-rasanya belum terlalu lama ini.

Belajar Jadi Copywriter

Kewajiban untuk menjalankan program magang di perusahaan ketika sudah semester 5, membuat saya dengan agak brutal mengirim inbox ke creative director dan copywriter agensi-agensi iklan incaran saya untuk menyelesaikan program magang tersebut.

"Selamat Siang, Saya Anang, Apakah di xxxx sedang ada lowongan magang untuk jadi copywriter?"

Kira-kira, itu adalah template pesan saya ketika bertanya internship vacancy. Beruntungnya, ada beberapa creative director membalas pesan saya dengan cepat. Setelah proses kirim-kirim CV dan portfolio selesai, alhamdulillah ada satu agensi iklan asal Jepang, Dentsu Impact (sekarang Dentsu MainAd); mau menerima saya menjadi copywriter intern mereka. Ah, senangnya.

Belajar dari dasar banget tentang copywriting. How to make good and catchy headline for print and media sosial ads; storyline; and creative concept for some brands adalah hal-hal yang saya pelajari di perusahaan iklan dengan logo warna merah tersebut.

Di sana, saya membantu tim yang menangani klien Bank BRI. Agak riweh memang bagi saya di awal sebagai anak baru di dunia ahensi. Tiap hari ada aja kerjaan dan rasa-rasanya nggak ada habisnya. Tapi, setelah beberapa saat; kok saya menikmati ya kerja kayak gini.

Senior copywriter magang saya saat itu sepertinya tahu saya ini orangnya receh banget dan nggak terbiasa dengan kemewahan, kerjaan yang diberikan ke saya seringkali dari kategori BRI Mass; kategori produk-produk Bank BRI yang menyasar segmen masyarakat umum. Dan dari ketak-ketik selama tiga bulan tersebut, sepertinya ada beberapa hasil kerja yang bisa merepresentasikan saya ini bisa apa hehe. Ya, memang tiga bulan rasa-rasanya cepat sekali dan ketika di akhir saya jadi mikir "lah udah tiga bulan aja, ini belum ngapa-ngapain, yang dikerjain dikit banget, coba kemaren lebih gesit"


Project yang saya cintai

Nah, kalau ngomongin soal  project mana yang paling berkesan, sederhana dan klisenya semuanya berkesan. Namun kalau ngebahas soal mana yang paling bikin senang, ada beberapa project yang bikin saya selalu senyum-senyum sendiri kalau ngebayangin proses kerjanya.

Hari Pelanggan Nasional Bank BRI 2017

Siang hari bolong di akhir bulan Agustus 2017, tepatnya hampir dua bulan di masa magang. Saya mendapati notifikasi email masuk via ponsel. Subjeknya tertulis "Brief Print Ad and Online Hari Pelanggan Nasional Bank BRI 2017".

"Wah, kerjaan yang kemaren aja belom juga di acc, udah ada baru aja. What? Deadline besok!" Saya shock.

Karena kerjaan yang lagi banyak-banyaknya, senior magang saya melimpahkan beberapa kerjaan (yang jumlahnya juga banyak) ke saya. Dengan agak asal-asalan dan cekikikan, saya dan senior magang saya membuat beberapa headline yang bisa dibilang aduhai noraknya dan sangat amat biasa.



Alt 1 Senyum Anda, Kebahagiaan Kami
Alt 2 Indonesia Ceria Saat Anda Tersenyum
Alt 3 Pelanggan Senang Hati, Hati Kami Senang
Alt 4 Senyum Pelanggan, Bukti Kesuksesan Kami


Ya, headline alternatif ke-3 memang ngasalnya luar biasa. Saya ingat dosen mata kuliah copywriting pernah menjelaskan kalau headline atau tagline yang baik itu kaya punyanya Philips LED "Terang Terus, Terus Terang" yang intinya kebolak-balik dan on point.

Dan dengan sangat harfiah, saya mengimplementasikannya di alternatif ke-3. Lihat saja, sangat kebolak-balik kan, udah kayak filmnya Christopher Nolan, "Pelanggan Senang Hati, Hati Kami Senang"

Eh, alhamdulillah-nya, headline alternatif ke-3 tersebut malah terpilih dan jadinya dipajang di hampir seluruh cabang unit kerja Bank BRI di Indonesia pada tanggal 4 September 2017. Ah, ngasal yang bikin bangga.




Bikin Storyboard untuk DPLK BRI


Jadi ceritanya, DPLK BRI yang merupakan produk investasi masa tua milik Bank Rakyat Indonesia ini pengin bikin konten short movie yang basisnya di YouTube seperti iklan-iklan Thailand atau Ramayana (yang ibu-ibu kena alzheimer) yang udah duluan viral.

Niatnya, DPLK BRI ini juga pengin punya konten soft selling dengan target audience eksekutif muda usia 25 - 35 tahun yang berupa video drama pendek yang siapa tahu bisa ikutan viral gitu. Dan karena itulah, tim kreatif Dentsu Impact; termasuk saya, membuat konsep kreatif tentang penyampaian komunikasi melalui video agar produk DPLK ini awareness-nya meningkat di masyarakat. 

Melalui proses yang cukup panjang dan revisi berulang-ulang, alhamdulillah cerita saya menjadi satu dari tiga cerita (dua ceritanya punya senior magang dan creative director) yang diajukan ke klien. Dan berikut ini bentuk storyboardnya.




Jadi Content Writer


Sebagai mahasiswa yang ingin terlihat sibuk dan nggak gabut-gabut amat, saya mencoba peruntungan untuk jadi content writer di beberapa tempat. Zetizen Jawapos dan Futureloka.com adalah dua perusahaan yang lagi-lagi dengan sangat baik mau-maunya menerima saya.

Zetizen merupakan divisi dari Jawapos yang menangani rubrik dan website dengan topik lifestyle dan hiburan yang menyasar segmen anak muda. Sebulan saya menjadi reporter dan content writer, sayangnya saya harus menyudahinya karena jadwal kerja yang nggak sesuai dengan jadwal kuliah.

Sedangkan Futureloka.com adalah website teknologi yang membahas seputar gadget dan teknologi. Mulai dari buyers guide, review, hingga spesifikasi detail sebuah gadget. Kira-kira hampir satu tahun saya menjadi freelance content writer di Futureloka.com dan rasanya juga menyenangkan. Apalagi, dunia per-gadget-an merupakan salah satu hal yang sangat saya gemari.




Nyobain Graphic Design


Sebenernya, saya nggak pernah ada niat untuk jadi graphic designer. Wong bikin garis lurus aja saya nggak bisa, padahal udah pakai penggaris mahal yang bahannya dari stainless steel. Selama ini saya kagum aja dengan kemampuan mereka yang bisa menyampaikan pesan dalam bentuk visual yang gampang menarik perhatian dan dipahami orang. Namun karena basic saya yang dulu anak komputer dan multimedia serta keseringan jadi tim kreatif acara kampus, seringkali teman-teman saya memaksa saya untuk membuat desain poster. Jadi bagian tentang graphic designer ini, emang nggak jauh-jauh dari tugas dan  event kampus. 


Lain-Lain yang Cukup Berfaedah

Subheadline lain-lain ini saya buat, karena saya bingung bikin kategorinya. Intinya ada beberapa project baik personal project maupun diajak untuk sekadar bantu-bantu. Seneng aja rasanya kalau ada yang percaya sama kemampuan nggak seberapa saya untuk ngebantu apa yang mereka perlu.

Lattebook

Lattebook ini adalah personal project dari teman saya yang pastinya karena takdir Tuhan yang maha baik, ia memilih saya untuk jadi bagian dari timnya. Project ini adalah bagian dari Pekan Kreativitas Mahasiswa yang sebenarnya berbicara tentang produk buku (notebook & sketchbook) yang mengunggulkan kustomisasi ilustrasi wajah bagi pemesan. Di project yang alhamdulillahnya sampai di taraf nasional ini, saya bertugas mengelola konten media sosial serta konseptor produk. Ih, kayak keren gitu.

Menang Lomba Campaign #SafetyRidingAlaGue

Melihat poster kompetisi untuk membuat kampanye keselamatan berkendara dengan hadiah yang cukup gede, saya nggak mau ketinggalan. Hadiah yang gede jadi motivasi terbesar saya buat ikutan.

Saya pengin agak sombong, bersama empat teman saya dari We Have Opsi, saya berperan sebagai konseptor, scriptwriter, bantu-bantu tukang edit, serta yang bayar biaya pendaftaran.

"Terus yang lain kerjanya apa?"

Mereka membantu ambisi saya untuk menang haha, bercanda lho.


Walaupun saya memang punya peran paling banyak (karena ini kemauan saya juga sih), saya nggak bakal bisa menyelesaikan project ini kalau tanpa bantuan teman-teman saya yang lugu dan baik kayak saya ini.


Menggabungkan konsep video mirip sandiwara radio dan cerita agak seram, alhamdulillah lagi saya dan teman-teman seperjuangan bisa dapat juara satu dan menang hadiahnya. Yes, dapet duit.




Hmm...

Bagi saya, semua yang kejadian di hidup saya ini adalah proses. Lagi-lagi proses. Apa yang saya tulis dan perlihatkan di sini (yang nggak seberapa ini), bisa jadi bakal jadi bahan ketawaan saya beberapa tahun ke depan. Tapi sebelum saya ke tahap itu, pasti ada proses yang nggak gampang dan ini mungkin baru langkah awal.

Doa saya, Tuhan yang maha baik masih akan tetap mencurahkan kebaikan-kebaikan kepada saya biar saya nggak gampang putus asa buat berusaha. Dan semoga juga, apa yang saya tulis nggak lantas bikin saya jadi keliatan sombong, soalnya saya takut jadi orang sombong. Kan katanya kesombongan sebesar biji sawi aja bisa bikin kita nggak masuk surga. Padahal, saya aja nggak tahu bentuknya itu biji sawi kayak gimana.

3 comments:

  1. Hello gw soniya. Mau sedikit cerita kenapa gw jadi pw pantengin blog lo ini. Btw gw lagi dapet matkul pkl yang dimana alhamdulillah gw berhasil magang di dentsu. Dan awal mula kenapa gw bisa nyampe ke blog lo karna gw bener2 masih belom bisa kyk lo yang sekira nya bisa dibilang lo hebat dalam berkarya dengan basic receh lo hahahha. Saking gw deg deg an nya mau magang bahkan sebelum gw interview di sana, gw sempetin buat buka2 google terus nyari tentang review pengalaman magang mahasiswa selama di dentsu . Dan ketemu blog lo hahaha. Proud sih sama apa yang udah lo capai gw sampe ngakak aja baca2 lo pas ngasi headline atau apalah2 yang berbau receh itu. Dan alhamdulillah sedikit bikin gw tenang, dan berfikiran semoga gw bisa sekeren lo dan se enjoy lo waktu pkl disana hehhe. Sukses terus ya.
    Salam kenal soniya :)

    ReplyDelete

< > Home
Anang Filya © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.