Anang Filya : Ya Tuhan Mengapa Ngeblog di Wordpress Rasanya Nyaman #TIDAKBERFAEDAH

Sunday, July 29, 2018

Ya Tuhan Mengapa Ngeblog di Wordpress Rasanya Nyaman #TIDAKBERFAEDAH



Masih kuat di ingatan ketika di masa SMP, Pak Guru mata pelajaran TIK (Teknik Informatika) memberikan tugas untuk membuat blog; Blogger adalah platform yang saya pilih karena saya pikir punya Google pasti yang terbaik. Mencari cara dan tutorial di warnet –warung internet masih jadi primadona kala itu– saya akhirnya membuat blog ini –dulu alamatnya grupceriwis.blogspot.com.

Jangan ditanya apa isi blognya, bisa dibayangin anak SMP bisa apa coba, intinya dulu yang penting seneng aja bisa eksis di internet. Yahud~

Nah, akhir-akhir ini –dua semester kuliah– saya seringkali mendapatkan tugas yang mengharuskan saya menggunakan platform Wordpress. Sebel dong, sudah punya blog yang kadang diurus kadang nggak ini bertahun-tahun, tapi sekalinya ada tugas, saya harus ngurusin blog dari awal, 'kan ribet.

Saya pikir, Blogger jelas lebih bagus dan gampang masuk dalam jelajah mesin telusur karena Blogger milik Google. Pemikiran tersebut yang membuat saya males pakai Wordpress. Tapi eh tapi, semakin ke sini, Wordpress kok bikin saya nyaman yah? Kenapatu?

Interface bikin nyaman

Contoh nyata yang pertama adalah interface blog post yang nyamaan banget; white, clean, simple dan WYSWYG (What You See is What You Get). Bandingin sama Blogger yang dari awal saya bikin di tahun 2010 sampai sekarang, gitu-gitu aja. Blogger nggak jelek sih, hanya saja Wordpress ini menawarkan tampilan yang jauh lebih oke dan kekinian menurut saya. 


Template blog yang bikin ngiler

Saya sadar template Blogger bawaan beberapa tahun ini telah dimodifikasi dan hasilnya cukup bagus, namun apabila dibandingkan dengan Wordpress, yha masih jauh. Seringkali template-template minimalis nan bagus yang tersedia secara gratis itu hanya tersedia untuk Wordpress.

Untung saja ada web designer asal Arab yang memberikan template minimalis –yang saya gunakan saat ini– secara cuma-cuma. Walaupun yha gitu, saya masih harus utak-atik untuk menyesuaikan dengan preferensi pribadi. Kalau Wordpress tuh udah bagus by default gitu.



Atur sana-sini lebih gampang

Untuk memodifikasi beberapa tampilan di blog, saya harus berurusan dengan kode-kode html yang saya nggak paham. Di Wordpress, hampir semua menu untuk kustomisasi tampilan dan beberapa pengaturan esensial tersedia. Contohnya saya nggak perlu berurusan dengan kode-kode html kalau mau menambahkan widget medsos, sudah ada pengaturannya dan hasilnya bagus.

Sayangnya...

Memang nggak ada sesuatu yang sempurna di dunia ini. Fitur-fitur yang oke, tampilan yang nyaman, dan fleksibilitas dari Wordpress itu ada harganya; dan cukup mahal untuk ditebus. Misalnya, untuk berganti-ganti template pihak ketiga yang tidak disediakan Wordpress, saya harus berlangganan paket Premium Account. Begitu juga apabila saya mau pasang iklan, harus berlangganan paket akun yang sama. 

Bukan apa-apa, walaupun saat ini saya belum memasang iklan di blog ini, namun sape tau khan blog ini makin banyak pengunjung, saya bisa pasang iklan, dapet penghasilan; makin semangat ngeblog. 

Intinya, mungkin dalam waktu dekat saya belum akan pindah platform blog. Walaupun Wordpress menawarkan banyak hal yang saya inginkan. Apalagi Blogger juga sudah bertahun-tahun, walau kadang bikin nggak nyaman. Mungkin, karena sudah terlalu lama bersama, agak sulit jadinya untuk ninggalin. Jadi, harapan selanjutnya, semoga pengembang Blogger bisa membuat platform blog Google ini sebagus Wordpress. Itu aja~

No comments:

Post a Comment

< > Home
Anang Filya © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.