Anang Filya : Pergulatan Batin, Pasang Iklan atau Nggak Pasang Iklan?

Sunday, August 12, 2018

Pergulatan Batin, Pasang Iklan atau Nggak Pasang Iklan?



Di awal memulai blog ini pada tahun 2011, saya berpikir bisa mendapatkan penghasilan dari penayangan iklan Google Adsense –impian mainstream bloger awal-awal. Hingga akhirnya saya membuat beberapa artikel yang meraup cukup banyak viewers.

Sayangnya, berkat ketidakkonsistenan saya membuat konten, pengajuan Adsense pun selalu ditolak oleh Google. 

Mulailah saya merubah pola pikir, "udahlah nggak usah iklan-iklanan, bikin blog yang penting berfaedah, kalo berfaedah dan ngebantu orang lain, rejeki bisa dateng dari tempat lain kok".

Di sisi lain, saya melihat blog-blog yang Adsense-oriented itu nggak mempedulikan kenyamanan pembaca. Iklan sliweran di mana-mana, mau klik ini/itu malah muncul pop-up, kan ngeganggu gitu.

Padahal pembaca mengunjungi blog karena apa? Karena pengin nyari informasi, bukan nyari iklan. Mulailah saya nulis tanpa memikirkah tetek bengek periklan-iklanan.


"Namun, jiwa dalam diri ini ingin mengatakan sesuatu "apakah blog ini sudah layak untuk dilirik pengiklan, apakah sudah layak"

Dari situ, saya mulai rajin nulis blog, seminggu satu artikel. Artikelnya pun bebas, semau saya. Mau #CERPAEDAH, #TIDAKBERFAEDAH, atau #REVIEWBERFAEDAH, yang penting seminggu konsisten satu tulisan.

Hampir 9 minggu berlalu, saya akhirnya memberanikan diri untuk mendaftar Adsense lagi. Tujuannya satu, pengin tau apakah blog ini sudah pantas dilirik pengiklan dan masuk ke standar Google.

Dan ternyata setelah menunggu 24 jam dari waktu pengajuan, terengtengteng berhasil!1!1!1!1!

Pengajuan Adsense untuk blog tercinta anangfilya.com berhasil. Sehingga semalam, saya mencoba mengutak-atik blog agar walaupun terdapat iklan di dalamnya, nggak sedikitpun mengganggu kenyamanan pembaca.Saya kekeuh, iklan jadi mengganggu kenyamanan kalau tidak di-organize dengan baik.

Intinya, walaupun blog ini sekarang sudah ada iklannya. Saya nggak bakalan bikin blog ini jadi seperti pager-pager di masa kampanye, banyak banget tempelan iklan dan promosinya. Bagi saya, inti dari blog ini adalah agar tetap berfaedah, yha tapi kalau ada teman-teman yang bersedia klik iklannya juga, saya nggak nolak, hehe.

No comments:

Post a Comment

< > Home
Anang Filya © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.