Hal-Hal Penting yang Saya Dapatkan Selama Bekerja di Agensi Iklan #CERPAEDAH

Friday, January 25, 2019

Hal-Hal Penting yang Saya Dapatkan Selama Bekerja di Agensi Iklan #CERPAEDAH


Bekerja sebagai copywriter selama 7 bulan lebih di sebuah advertising agency mengajarkan banyak hal penting bagi saya sebagai manusia biasa yang banyak dosa, sering doa, tapi bikin dosa lagi. Dan anehnya, hal-hal penting ini adalah hal-hal yang seringkali saya anggap sepele dan terlalu basic untuk diingat-ingat. Namun ternyata, yang basic-basic itu kadang penting juga. Contohnya...

Harus Banget Bisa Kerjasama

Saya adalah tipikal orang yang punya prinsip "kalo bisa dikerjain sendiri, ngapain harus ngandelin orang lain. Prinsip tersebut muncul karena saya seringkali dikecewain sama temen-temen sekelompok pas kuliah.

Bilangnya tugas kelompok, eh saya yang ngerjain sendiri. Bilangnya mau bantuin cari materi dari buku, eh daftar pustakanya dari blogspot doang. Jadinya malah saya kerja dua kali. Jadi mending dikerjain sendiri.

Tapi, saat saya bekerja di agensi iklan, prinsip sok kuat saya tersebut nggak bakal berlaku.

Mau gimana coba? Semua pekerjaan dikerjain bareng-bareng. Copywriter kan kerjaannya cuma ngurusin teks, nah kalo bagian desain, ya tetep art director yang ngerjain. Dan untuk itu, copywriter tetep harus ngobrol bareng art director.

Apalagi kalo masalah ngide. Ngide nggak mungkin bisa dilakukan sendirian, wong proses pertama ngide aja brainstorming yang artinya duduk bareng buat ngobrolin masalah, mencari variasi sudut pandang dan menemukan solusi kreatifnya.

So, jelas kerja sama adalah kemampuan paling esensial apabila Kita mau menekuni dunia creative agency.


Kreatif Itu Bukan Hanya Tentang Idealisme Pribadi

Tadinya saya berpikir, agensi iklan dipenuhi oleh orang-orang kreatif yang penuh dengan idealisme-idealismenya. Tapi ternyata nggak...

Kenapa nggak?

Untuk membuat sebuah materi iklan, tidak hanya dibutuhkan pemikiran yang out of the box. Namun sebagai seorang kreatif, kita juga harus memikirkan aspek-aspek lain. Contohnya, saat membuat sebuah konsep atau ide cerita sebuah iklan televisi, kita nggak bisa serta merta bikin cerita semau udel. 

Yang harus dipikirin adalah bagimana ide itu bisa mengkombinasikan kesesuaian antara target audience, keinginan client, esensi merek, strategi komunikasi, dan aspek-aspek yang menyangkut brand itu sendiri.

Jadi, kreatif ≠ idealisme. Definisi kreatif dalam sebuah iklan adalah paduan dari ide bagus, sesuai dengan target audience, dan mampu menyampaikan pesan pemasaran.

Dan untuk sampai pada titik kreatif itu, balik lagi ke poin pertama, harus bisa kerjasama. 


Harus Open Minded & Jangan Baper

Legowo is an essential thing.

Namanya kerja sama, kita nggak bisa berpikir bahwa apa yang kita buat (baca: ide) adalah yang terbaik, karena cara kerja agensi iklan nggak kayak gitu. Kalo kita berpikiran "Ide gue ini oke banget, nggak ada yang boleh ngutak-atik" kita nggak bakal bisa berkembang.

Suatu hal yang biasa banget ketika ide yang kita anggap bagus, ternyata nggak terlalu oke buat orang lain. Dan di saat itulah, kemampuan untuk berpikiran terbuka menerima kritik dan legowo untuk menerima saran itu diperlukan.  

Jangan baper kalo ide kita dibilang biasa aja, mungkin di awal-awal kita bakal merasa insecure, merasa sebagai jiwa yang bodoh, nggak berbakat, dan pikiran-pikiran negatif yang lain. Tapi, satu hal yang penting kita harus inget, memang begitu cara kerja agency.


Dilarang Puas

Ketika kita berhasil bikin satu ide dan ide tersebut dipuji bahkan menangin pithcing atau award kita boleh banget bangga, tapi jangan puas.

Dunia kreatif itu dinamis banget, hal itu yang kadang bikin saya kewalahan untuk mengikuti alurnya -capek bat shay. Kalo hanya dengan menang satu award terus puas, pasti kita bakal kegilas sama orang lain yang terus mau belajar.


Jadi, Kesimpulannya?

Sebenarnya beberapa poin di atas adalah hal yang benar-benar basic atau bahkan bisa dibilang klise. Because you don't have to be a part of creative agency to apply those essential things. Hanya saja, konteksnya di sini saya dapet pencerahan yang kuat saat saya bekerja di creative agency ini, iya nggak? Hehe.

Dan sekali lagi, semoga hal-hal penting yang saya tulis di post ini juga akan terus langgeng ada di pikiran saya, jadi biar saya nggak cuma nulis doang tapi nggak praktekin. Hehe.


1 comment:

  1. benar banget. aku juga ngerasa di kerjaanku yang sekarang gitu, sih, Nang. Meski baru tiga bulan wkwkwk.

    ReplyDelete

< > Home
Anang Filya © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.