Review Servis iPhone di iColor: Cepet sih tapi... #REVIEWBERFAEDAH

Monday, January 14, 2019

Review Servis iPhone di iColor: Cepet sih tapi... #REVIEWBERFAEDAH

Sudah hampir 3 bulanan mikrofon bagian depan iPhone 6 saya nggak bisa berfungsi. Hal tersebut saya ketahui saat ponsel jadul saya tersebut nggak bisa digunakan untuk menjalankan fitur Siri, nggak bisa merekam suara saat menggunakan kamera depan, serta saat saya melakukan panggilan video, lawan bicara nggak bisa mendengar suara apapun. Kesel!

Untuk informasi, iPhone 6 dan versi setelahnya memiliki 3 mikrofon. Satu, mikrofon bagian bawah yang berada di bagian bawah ponsel di samping port lightning, satu mikrofon depan yang letaknya berada satu area dengan earpiece. Kemudian satu lagi berada di samping kamera belakang. Lebih jelasnya, teman-teman bisa lihat gambar dari Apple Support di bawah ini.

Sumber: https://support.apple.com/library/content/dam/edam/applecare/images/en_US/iphone/iphone6/iphone6-mic-locations.png

Kok bisa gitu? Penyebabnya apa yah?

Jujur saya juga nggak tahu. Kemungkinan besar sih karena saya seringkali menggunakan iPhone saat tangan basah, entah sehabis mandi ataupun wudhu -alim bat gue. Dan perkiraan saya, mikrofon depan iPhone 6 saya tersebut terkena air dan akhirnya metong dan nggak berfungsi.


Akhirnya Milih Servis di iColor 

Sudah nggak tahan dengan masalah mikropon depan tersebut, akhirnya saya mulai mencari info servis iPhone di Jakarta. Ada buanyak sekali ternyata. Namun pada akhirnya saya memilih iColor karena beberapa alasan.

Harga relatif murah

Sebagai orang yang orientasinya harga murah -maklum syobat misqueen- daftar harga servis di iColor menurut saya paling masuk akal. Nggak kemurahan seperti beberapa tempat servis online, nggak kemahalan seperti service center distributor resmi seperti iBox. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah daftar harga servis di iColor yang saya dapat dari akun instagrammnya.




Tapi kan iBox kualitasnya terjamin?
Iya sih, hanya saja bagi saya yang penting iPhone 6 jadul ini masih berfungsi dengan baik saja sudah lebih dari cukup. Lagipula servis mahal-mahal agak kurang penting mengingat umur ponsel ini juga nggak akan lama lagi, tinggal menunggu Apple memberhentikan update iOS. Dan saat itu terjadi, semoga saya dapet rezeki buat beli ponsel baru lagi.

Sehingga, Melihat daftar harga tersebut, saya memutuskan untuk servis mikrofon (Rp200.000,-) dan baterai (Rm250.000,-), sehingga total harga servis iPhone saya adalah Rp450.000,-. Kalo servis di iBox, pasti bikin kantong saya menangysss.

Statusnya PT

Statusnya sudah PT atau Perseroan Terbatas membuat saya yakin dengan kredibilitas iColor sebagai tempat servis iDevice yang yahud. Seenggaknya, iColor ini sudah punya sertifikat badan usaha dibandingkan tempat servis online yang sejenis.

Testimoni bejibun

Nggak diragukan lagi, apabila temen-temen buka instagram iColor, lihat testimoninya. Mulai dari rakyat jelata dan netizen julid sampai public figure bilang kalau pelayanan iColor ini yahud. 

Ya namanya testimoni jelas dibagus-bagusin kan Nang?

Hmm.. bener juga. Tapi memang nggak bisa disangkal kalau banyaknya testimoni ini membuat keraguan-keraguan dalam hati yang rapuh jadi semakin pudar. 

And those all the reasons why I choose iColor.

Berangkat ke iColor

Sudah yakin dengan iColor, akhirnya saya dan satu teman cantik saya yang kebetulan layar iPhone-nya pecah berangkat ke Head Office PT iColor Indonesia yang beralamat di Thamrin City Office Center Lantai 7 No. 733, Jl. Thamrin Boulevard, Tanah Abang, Kebon Melati, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10230.

Kalau bingung, tinggal ke Thamrin City Office Center naik Go-Jek, terus tinggal tanya Bapak Satpam mau ke iColor, pasti Bapak Satpam akan memberikan jalan yang benar dan lurus tanpa tersesat.

Saat itu saya sampai di tempat iColor pada hari Minggu pukul 17.30 WIB. Agak was-was dan takut udah tutup karena di website resminya, iColor hanya buka sampai pukul 18.00 WIB setiap akhir pekan.

Tapi pas sudah sampai di tempatnya, Mbak-mbak resepsionis bilang kalau iColor tutupnya jam 20.00. Nggak tau deh kenapa bisa begitu. Mungkin Mbak-Mbak resepsionisnya kasihan sama saya.

Servisnya Ngebut

Sesampainya di tempat, saya langsung mengambil nomor antrian -yang untung saja antriannya sedikit. Mbak-mbak Resepsionis akan menanyakan terkait masalah yang ada pada ponsel. Setelah itu, bagian belakang ponsel saya ditempeli stiker form yang mengharuskan saya menulis nama, alamat e-mail, nomor ponsel, kata sandi ponsel (kalau ada), dan daftar masalah yang terjadi.

Setelah itu, ponsel di titipkan ke meja resepsionis dan saya beserta teman saya disuruh untuk menunggu maksimal 1 jam.

What servis iPhone bongkar-bongkaran cuma satu jam?

Iyapss, benar sekali. Dan ternyata memang secepat itu. Setelah menitipkan ponsel di meja resepsionis, saya dan teman saya pergi berkeliling Thamrin City untuk membeli makanan kemudian kembali kurang dari satu jam setelahnya. 

Dan ketika kami bertanya "Mbak untuk yang atas nama Anang dan Ferren udah selesai", Mbak-mbak resepsionis dengan wajah bahagia memberikan ponsel kesayangan saya dan teman saya yang sudah sehat walafiat. Impressive!

Eh tapi...

Walaupun pelayanan iColor terasa pas, bukan berarti nggak ada kekurangannya sama sekali. Sebagai orang yang sangat suka membicarakan keburukan dunia, iColor juga nggak lepas dari hal tersebut. Contohnya seperti hal-hal berikut ini:

Kurang teliti

Jadi, setelah iPhone saya dan teman saya selesai diservis, saya dan teman saya mulai mengecek hasil servis dari iColor. Ternyata setelah iPhone 6s milik teman saya diganti LCD-nya, touch ID-nya nggak bisa membaca sidik jari. Akhirnya, kami harus menunggu kembali sekitar 30 menit untuk perbaikan ulang. Hmmm...

Harga emang murah, ternyata kualitas juga...

Mau sampe kapanpun, pribahasa "Ada harga, ada rupa" nggak bakal kedaluwarsa. Nah di sini, saya sadar kalau iColor sudah menawarkan harga yang super duper murah dengan beragam keunggulannya dibanding service center yang resmi. Jadi saya juga nggak bakal berekspektasi berlebihan terhadap apa yang akan saya dapat.

Contohnya, saat Mbak-mbak resepsionis memberi tahu saya sesaat setelah ponsel saya selesai diservis bahwa mikrofon bagian depan ternyata satu modul dengan earpiece dan kamera depan. Yang artinya, walaupun saya cuma pengin ganti mikrofon doang, secara otomatis saya juga mengganti kamera depan.

Terus kualitas kamera depannya gimana Nang?

Jueleekkkk, jelek banget, jauh dari yang original. Ini adalah hasil selfie beberapa jam sebelum iPhone diservis dan setelah diservis. Maaf mukanya kurang gudluking. Teman-teman bisa nilai sendiri.


Sebelum kamera depan diganti

Kamera depan setelah diganti
Tapi, tapi, sekali lagi saya nggak mau protes. Masa udah dikasih harga murah masih protes. Apalagi hingga saat ini, sudah lebih dari sebulan pemakaian, semuanya oke-oke saja. Baterai awet, mikrofon dan kamera depan walaupun jelek juga tetap berfungsi dengan baik.

Kesimpulan

Bagi teman-teman yang memiliki iDevice error atau rusak, iColor ini recommended  kok. Walaupun komponennya bukan yang 100% original by Apple, namun pelayanannya dan kualitas cukup oke. Yang paling penting, iColor ini memberi garansi 3 bulan -tempat servis lain biasanya cuma seminggu- yang artinya mereka memang menjamin setiap pelayanannya. Tapi, kita juga harus tetep cek dan ricek agar nggak kejadian seperti teman saya di atas.

Oh ya, sekarang iColor juga menawarkan premium quality by Apple yang katanya kualitasnya original by Apple, namun untuk harga juga dua kali lipat lebih mahal. So, it's all in your hand, mau pilih yang murah atau yang mahal, tergantung isi dompet.

1 comment:

  1. Kak setelah ganti baterai di icolor sekarang gimana? Apakah awet? Rencana mau ganti batre juga nih disana

    ReplyDelete

< > Home
Anang Filya © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.