Mau Cari Microphone Buat Podcast? Ini Rekomendasinya #REVIEWBERFAEDAH

Sunday, April 7, 2019

Mau Cari Microphone Buat Podcast? Ini Rekomendasinya #REVIEWBERFAEDAH




Akhir-akhir ini, saya sebagai manusia yang mengklaim dirinya update sedang gandrung dengan konten audio bernama "podcast".

Di mulai dari iseng-iseng mendengarkan podcast Sheggario berjudul "Curhat Babu" saat sedang berada di TransJakarta pulang kantor, saya merasa podcast ini banyak faedahnya.

Alih-alih menghibur diri dengan mendengarkan musik ajep-ajep di jalan, mendengarkan podcast bisa nambah pengetahuan dan perspektif baru, pokoknya berfaedah deh.

Nah, bukan Anang namanya kalau nggak ikut-ikutan. Jadilah saya membuat saluran podcast saya yang berjudul 'Remah-Remah Kehidupan' yang isinya membahas tentang isu-isu yang sering dianggap remeh atau remah-remah dalam kehidupan manusia biasa pada umumnya. Kalau penasaran, temen-temen boleh langsung cek di Spotify, Google Podcast, Apple Podcast, atau Anchor, tinggal ketik keyword 'Remah-Remah Kehidupan'.

Promosi nih yee...

Rekaman Podcast Pake Earpod Apple

Lanjut ngomongin microphone, pada awalnya saya merekam podcast menggunakan earpod bawaan iPhone 6 saya karena saya percaya dengan standar kualitas Apple.

Hasilnya?

Sesuai perkiraan saya, hasil rekaman audio dari earpod dengan software GarageBand ini cukup oke. Memang nggak ada yang istimewa, hanya saja hasil rekamannya cukup enak didengar. Nggak terlalu noisy, nggak terlalu sember, nggak terlalu mendem, pokoknya oke. Hasil rekamannya bisa didengar di podcast saya episode kedua ini.


Lumayan oke kan?

Rekaman Podcast Pake Boya Lavalier BY-M1

Tapi bukanlah Anang kalau tidak mengutamakan tampilan dan gimmick. Bagi saya, agak gimana gitu kalau rekaman podcast terus-terusan pake earpod, kayak kurang professional gitu.

Singkatnya, mulailah saya mencari-cari mikrofon berharga murah yang hasilnya cukup oke. Coba browsing dan cari-cari ulasan, akhirnya saya membeli Boya Lavalier BY-M1 di Jakartanotebook.com seharga Rp165.000,00.





Mengapa saya memutuskan membeli Boya BY-M1 ini?
Jawabannya simpel banget! Karena sudah banyak yang mengulas dan hasilnya sih 'katanya' bagus.

Sejak hari pertama membeli, saya langsung mencoba merekam podcast dengan Boya BY-M1 via GarageBand.

Hasilnya?

Ini adalah hasil rekaman awal saya menggunakan Boya BY-M1.


Kok agak mendem yah?
Bahkan saya merasa earpod saya bisa memberikan hasil yang lebih jernih dan nggak mendem. Padahal earpod didedikasikan untuk mendengarkan musik, bukan merekam sesuatu.

Lah ini benda yang lahirnya didedikasikan buat merekam, kok hasilnya begini?

Atau jangan-jangan Boya BY-M1 yang saya beli ini palsu!!!???


Coba Utak-Atik

Nggak mau rugi, saya mencoba utak-atik setelan yang ada di GarageBand dan ternyata, it worked. Berikut adalah hasil rekaman dengan Boya BY-M1 plus settingan GarageBand ala saya.



Cukup oke kan?

Memang sih, apabila dibandingkan dengan rekaman menggunakan earpod, Boya BY-M1 ini memang agak mendem dan kurang bright karakter vokalnya. Namun satu hal yang saya suka, hasil rekaman dari Boya BY-M1 ini lebih minim noise dibandingkan dengan hasil rekaman dari earpod.



Jadi, Pilih Earpod atau Boya BY-M1

Hmmm... bagi saya ini adalah jawaban yang sulit.

Apabila teman-teman adalah pengguna perangkat Apple -punya macbook, iphone/ipad, dan earpod- nggak ada salahnya untuk menggunakan earpod sebagai perangkat untuk merekam podcast. Selain karena nggak perlu mengeluarkan budget tambahan, hasil rekaman dari earpod juga sudah cukup mumpuni dan playable. Ditambah lagi, integrasi antara hardware dan software besutan Apple itu ajib banget. Tinggal download Garageband di Mac, colokin earpod, udah deh tinggal berbacot ria tanpa perlu setting sana-sini.

Namun, apabila teman-teman bukanlah pengguna perangkat Apple, Boya BY-M1 adalah pilihan microphone yang cukup oke. Boya BY-M1 ini bisa langsung digunakan di semua perangkat, mulai dari smartphone, tablet, sampe laptop. Hasilnya juga nggak kalah mumpuni.

Hanya saja, saya selalu merekomendasikan untuk merekam podcast melalui laptop karena alasan kenyamanan mengedit dan fleksibilitas fitur yang lebih oke. Apabila pengguna Apple mempunyai software pengolah audio bernama 'GarageBand', pengguna Windows jangan sedih, ada juga software gratisan nan mumpuni bernama 'Audacity', tinggal cari di Google dan download, fiturnya nggak kalah kok -jangan sedih shay.

Hingga saat ini, walaupun saya menggunakan Mac sebagai laptop harian dan juga punya earpod, saya memilih menggunakan Boya BY-M1 karena lebih nyaman digunakan -bisa dicantelin di baju, gak repot pegang-pegang mic. Apalagi, saya juga sudah menemukan settingan yang pas untuk Boya BY-M1 ini.

Pokoknya pilih yang paling nyaman, hanya saja memang untuk saat ini Boya BY-M1 adalah microphone harga murah yang hasilnya oke untuk rekaman dengan podcast pakai device apa saja.





No comments:

Post a Comment

< > Home
Anang Filya © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.