Tips Agar Podcast Cepat Terunggah di Spotify dan Apple Podcast #TIPSAEDAH

Monday, April 15, 2019

Tips Agar Podcast Cepat Terunggah di Spotify dan Apple Podcast #TIPSAEDAH



Sering banget saya dapet pertanyaan dari temen sekantor,

"eh itu kok podcast lu bisa ke-upload di Spotify? Caranya gimana? Berapa lama?."

Maklum, konten audio semacam podcast memang lagi nge-hits di kalangan anak muda yang haus akan hiburan. Apalagi semenjak Anchor kerja sama bareng Spotify, podcast jadi punya pasar yang lebih luas lagi. Makanya, temen-temen saya pada nanya gimana caranya bikin podcast di Spotify, berapa lama submintnya, dan hal-hal lain.

Daripada penasaran, nih saya jelasin satu-satu.

Kok Bisa Terunggah di Spotify? Caranya Gimana?

Ya bisa dong. Caranya gampang banget! Kalian cuma perlu upload atau bikin podcast di Anchor.fm atau Anchor app yang tersedia di Google Play Store & Apple App Store dan tunggu sampai podcast-mu tersebar di platform-platform populer. 

Podcast saya "Remah-Remah Kehidupan" hingga saat tulisan ini dipublikasikan, sudah tersedia di 9 platform populer, yakni Anchor, Apple Podcast, Spotify, Google Podcast, Pocket Cast, Breaker, Overcast, Radio Public, dan Stitcher. 

Butuh Waktu Berapa Lama?

Sebelum Remah-Remah Kehidupan, saya pernah membuat saluran podcast dengan nama saya sendiri. Dimulai dari submit audio file episode pertama, saya membutuhkanwaktu hingga 6 hari hingga saya mendapat e-mail notifikasi dari Team Anchor bahwa podcast saya sudah tersedia di Spotify dan platform lain.

Namun anehnya, saya selalu gagal menemukan podcast saya di Spotify. Ditambah lagi, podcast saya tidak berhasil tersubmit di Apple Podcast.

Akibat bingung dan malas mencari solusi, saya kemudian menghapus channel podcast tersebut dan membuat channel baru dengan nama "Remah-Remah Kehidupan".

Nggak pengin kejadian error yang sebelumnya terulang, kali ini saya langsung merekam dan mengunggah dua episode sekaligus. Ajaibnya, hanya perlu waktu dua hari untuk saya bisa mendapatkan e-mail notifikasi bahwa podcast Remah-Remah Kehidupan sudah tersedia di Spotify.

Lebih mengejutkannya lagi, enam hari kemudian, saya mendapatkan e-mail bahwa podcast saya juga telah tersubmit di Apple Podcast. Saya sih bangga banget, mengingat Apple lebih ketat menyaring konten yang masuk ke iTunes. Maka dari itu target saya di awal, yang penting tersedia di Spotify dan Google Podcast, itu sudah lebih dari cukup.

Kok Bisa Yah?

Menurut pengamatan saya pribadi sebagai manusia biasa yang suka nonton Doraemon, satu tips agar podcast dapat tersubmit lebih cepat di platform populer adalah usahakan untuk mengunggah minimal dua episode saat pertama kali membuat saluran podcast di Anchor. Nggak perlu ribet-ribet, cukup bikin Episode 0 yang mendeskripsikan apa isi podcast kamu dan Episode 1 yang isinya udah membahas tentang topik yang khusus. Gampang kan?

Selain itu, berikan deskripsi yang detail dan cover art yang berkualitas bagus. Insyaallah, di-approve deh sama Spotify dan Apple Podcast.

Jadi...

Podcast itu berfaedah dan masih belum tersentuh konten-konten alay. Bagi kalian yang merasa nggak terlalu ganteng dan nggak jago ngomong di depan kamera, podcast ini bisa jadi media kreasi yang menyenangkan.

Cuma perlu smartphone + aplikasi recorder, teman-teman bisa bikin konten yang berfaedah untuk semua orang. Jadi, udah siap bikin podcastmu sendiri?

Oh ya, jangan lupa dengerin podcast "Remah-Remah Kehidupan" di Spotify, Apple Podcast & Google Podcast yah!

Bisa didengerin di sini!








1 comment:

  1. Kak bisa kasih Tau gak Cara ngilangin suara promosi anchor dinpodcast Spotify Saya soalnya waktu Saya publish podcast Saya memang di anchor gak Ada kenapa" tapi waktu buka yg di Spotify akhiran dari podcast Saya malah timbul suara promosi anchor

    ReplyDelete

Anang Filya © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.