Keyboard Macbook-mu Sering Stuck karena Debu? Ini Solusinya

Thursday, April 23, 2020

Keyboard Macbook-mu Sering Stuck karena Debu? Ini Solusinya



Bagi kamu para pengguna Macbook yang rilis tahun 2015 ke atas, pasti sering banget mengalami salah satu tut keyboard yang tiba-tiba stuck. Di pencet rasanya keras, kayak ada yang ngeganjel gitu. Pokoknya bikin kesel dan ingin mengeluh ke seluruh semesta.

Masalah keyboard ini memang umum banget dialami oleh pengguna MacBook semenjak Apple memutuskan untuk move on ke keyboard berjenis butterfly setelah bertahun-tahun menggunakan keyboard bertipe scissors. Alasannya? Biar MacBook makin tipis aja sih.

Sayangnya, keyboard dengan mekanisme butterfly ini banyak banget masalahnya. Paling parah, keyboard ini nggak bisa kena debu sama sekali. Terkena debu sedikit aja, pasti keyboard-nya stuck.

Walaupun Apple sudah dikritik habis-habisan oleh para penggunanya, mereka masih ngeyel dan kekeh menggunakan butterfly keyboard hingga tahun 2019 -MacBook terbaru sudah nggak pakai butterfly keyboard lagi.

Jadi, kita-kita yang sudah terlanjur membeli MacBook generasi 2015-2018 harus terima apabila keyboard kita ini busuk banget durability-nya. 

Selama, saya pakai MacBook Pro 2017 non-touchbar, saya cukup struggle mempertahankan keyboard agar tidak kemasukan debu. Here's how I survive with it...


Coba trik membersihkan debu-nya WikiHow

Pertama kali saya mendapati keyboard saya stuck, saya panik banget. Apalagi saya tiap hari kerjanya ketik-mengetik. Akhirnya, saya mulai googling dan mencari cara untuk mengatasi masalah ini. Ketemulah artikel 'how-to' dari WikiHow.

Dari artikel tersebut, saya diinstruksikan untuk memegang MacBook dalam sudut 75 derajat dan meniup-niup bagian yang stuck dan secara mengejutkan, it really worked. Ajaib banget.

Tapi semakin lama, trik ini semakin tidak efektif, keyboard saya semakin sering stuck; oleh sebab itu, saya akhirnya tidak punya pilihan lain selain membeli keyboard cover.

Secuil cerita menggunakan keyboard cover di MacBook Pro

Akhirnya saya membeli keyboard cover via Tokopedia & Jakartanotebook.com seharga 15 ribuan. Saat di Tokopedia, saya menggunakan keyword 'keyboard cover Macbook Pro 2017 non-touchbar' agar cocok dengan tipe MacBook saya. Hanya saja, saya hanya menjumpai keyboard cover yang transparan butek dan sangat membuat tampilan MacBook jadi norak dan buluk.

Keyboard cover transparan by A Tokopedia Seller


Namun, apakah saya akan membiarkan MacBook saya tampil buluk?

Tentu saja tidak, pencarian saya akan keyboard cover yang tampilannya 'setidaknya' lebih elegan. Saya akhirnya mencari keyboard cover dengan varian berwarna hitam, namun yang saya tidak menemukan satupun keyboard cover berwarna hitam untuk MacBook dengan seri yang saya miliki.

Akhirnya, saya nekat membeli keyboard cover the New MacBook 12 inch yang berwarna hitam. Lagipula, apabila ukurannya tidak pas, saya hanya rugi 20 ribu. Nothing to lose aja. 

Namun ternyata, another fact, saat keyboard cover-nya datang, saya kembali terkejut karena ternyata ukuran keyboard dari MacBook Pro non-touchbar dan MacBook 12 inch itu sama persis. Keyboard covernya sangat fit dan tidak kekecilan sama sekali. Sungguh senangnya melihat tampilan MacBook saya kembali elegan.

Tampilan black keyboard cover 12-inch MacBook di MacBook Pro saya

Keyboard Cover adalah satu-satunya solusi

Jika kamu masih hidup di bumi yang jelas-jelas terdapat miliaran debu berterbangan, maka tidak ada solusi lain selain membeli keyboard cover untuk Macbook keluaran 2015, 2016, 2017, dan 2018 jika kamu ingin terbebas dari masalah keyboard yang stuck. 

Walaupun memang menggunakan keyboard cover ini menjadikan pengalaman mengetik jadi super tidak menyenangkan. Bisa dibayangkan rasanya mengetik di atas permukaan karet? Sungguh tidak clicky. Namun itu adalah satu hal yang harus saya korbankan, agar keyboard mekanisme butterfly yang menyusahkan ini tidak membuat hidup saya makin susah.




No comments:

Post a Comment

Anang Filya © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.